Ilustrasi Penilaiaan Akreditasi Rumah Sakit |
Medianers ~ Seluruh Rumah Sakit baik milik pemerintah maupun milik swasta wajib terakreditasi di Indonesia. Sistim penilaian akreditasi pun telah berubah dari provider oriented menjadi patient oriented. Medianers akan menyajikan terkait tentang pengertian, tujuan dan standar penilaiaan akreditasi rumah sakit berdasarkan standar versi 2012.
Apa itu Akreditasi Rumah Sakit ?
Suatu pengakuan yang diberikan pemerintah kepada Rumah Sakit karena telah memenuhi standar yang ditentukan.
Apa Tujuan Akreditasi Rumah Sakit ?
- Mempermudah akses masyarakat untuk mendapatkan pelayanan kesehatan
- Memberikan perlindungan terhadap keselamatan pasien, masyarakat, lingkungan Rumah Sakit dan SDM di Rumah Sakit
- Meningkatkan mutu dan mempertahankan standar pelayanan Rumah Sakit
- Memberikan kepastian hukum kepada pasien,masyarakat, dan SDM Rumah Sakit
- Terbentuknya budaya mutu dalam memberikan pelayanan kesehatan pada pasien sesuai standar di Rumah Sakit
- Terlindunginya pasien/masyarakat dari layanan kesehatan yang tidak bermutu
- Sebagai salah satu syarat peningkatan kelas Rumah Sakit
- Peningkatan kesejahteraan Rumah Sakit
Akreditasi Rumah Sakit versi 2012 terdapat 15 BAB/ Kelompok Kerja (Pokja), 323 standar dan 1218 elemen penilaian (EP), antara lain :
NO | BAB / POKJA | STANDAR | ELEMEN PENILAIAAN |
1 | Sasaran Keselamatan Pasien (SKP) | 6 | 24 |
2 | Hak Pasien dan Keluarga (HPK) | 30 | 100 |
3 | Pendidikan Pasien dan Keluarga (PPK) | 7 | 28 |
4 | Peningkatan Mutu dan Keselamatan Pasien (PMKP) | 23 | 88 |
5 | Sasaran Millenium Development Goals (MDGs) | 3 | 19 |
6 | Akses Pelayanan dan Kontinuitas Pelayanan (APK) | 23 | 85 |
7 | Asesmen Pasien (AP) | 44 | 184 |
8 | Pelayanan Pasien (PP) | 22 | 74 |
9 | Pelayanan Anestesi dan Bedah (PAB) | 14 | 51 |
10 | Manajemen Penggunaan Obat (MPO) | 21 | 84 |
11 | Manajemen Komunikasi dan Informasi (MKI) | 28 | 109 |
12 | Kualifikasi dan Pendidikan Staff (KPS) | 24 | 99 |
13 | Pencegahan dan Pengendalian Infeksi (PPI) | 24 | 83 |
14 | Tata Kelola, Kepemimpinan dan Pengarahan (TKP) | 27 | 98 |
15 | Manajemen Fasilitas dan Keselamatan (MFK) | 27 | 92 |
Tidak ada komentar:
Posting Komentar